Tips Sukses Pemasaran Bisnis Jasa Logistik H. Tadjuddin Ius
Tips Sukses Pemasaran Bisnis Jasa Logistik H. Tadjuddin Ius
Mengembangkan bisnis logistik cukup bagus mengingat peluang pasarya cukup besar. Ada 3 pilihan jasa yang bisa diambil dalam bisnis ini, yaitu jasa logistik dengan angkutan darat, jasa logistik dengan kombinasi angkutan darat dan udara atau angkutan darat dan laut, serta jasa logistik yang menggunakan angkutan darat, udara dan laut. Sebagai pemula sebaiknya Anda memulai dari penggunaan jasa logistik dengan angkutan darat.
Jasa logistik yang ditawarkan bisa dalam bentuk fisik berupa pengiriman
barang, namun biasanya marginnya tipis. Selain itu bisa masuk ke jasa
pergudangan, dan bisa pula masuk ke jasa logistik skala nasional/regional
bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi. Namun untuk yang terakhir skalanya
lebih luas, dan pengaturannya lebih rumit mengingat tidak mudah
dalam pengiriman barang dari pusat ke daerah apalagi pelosok.
Bisnis logistik berkaitan dengan masalah detail, sehingga salah
sedikit bisa rugi. Karena itu antara data fisik dengan data dalam komputer
harus selalu matching. Dalam bisnis ini pelaku usaha juga harus
mengerti mengenai proses bisnis logistik, memiliki jaringan komputer terutama
dilengkapi dengan sistem barcode, serta memiliki karyawan khususnya bagian
gudang yang tangguh.
Bisnis logistik hampir dibutuhkan semua perusahaan skala kecil
maupun besar. Yang sederhana saja, Anda bisa menyasar para pedagang yang
membeli barang dalam jumlah cukup besar dari pusat grosir di Tanah Abang
Jakarta atau pusat grosir di lokasi lain, yang akan mengirim barangnya ke
daerahnya masing-masing (retailing logistic). Tentu saja dalam hal ini dibutuhkan
sarana angkutan pengiriman yang memadai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar