H.Tadjuddin Ius Meraih Cuan di Masa Pandemi Corona

  

 H.Tadjuddin Ius Meraih Cuan di Masa Pandemi Corona



 Tak dapat dipungkiri pandemi Coronavirus di Indonesia berdampak besar bagi bisnis di Indonesia. Meski banyak bisnis yang terdampak negatif oleh pandemi ini, bisnis logistik dan jasa kurir merupakan salah satu lini bisnis yang dapat dibilang terkena dampak positif. Keterbatasan mobilitas masyarakat dalam dua bulan terakhir adalah peluang bagi perusahaan kurir dan logistik 

Volume pengiriman paket jasa logistik sebagian besar masih sangat dipengaruhi oleh penjualan e-commerce. Kontribusi e-commerce, seperti yang dilansir dari Katadata.co.id sebesar 60% sampai 70%. Masyarakat di DKI Jakarta khususnya, beralih ke media e-commerce untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari demi mematuhi physical distancing.

 

Kenaikan permintaan untuk pengiriman makanan dan bahan makanan segar juga memberikan peluang bagi jasa logistik. Beberapa bisnis instan yang mendapatkan “cuan” di tengah wabah Corona adalah pembuatan hand sanitizer dan masker. Dalam memenuhi permintaan pasar diperlukan jasa logistik sebagai penghubung  antara penjual dan pembeli.

 

Penambahan layanan pengantaran express terutama untuk alat pelindung diri (APD) dan bahan makanan yang dibutuhkan oleh masyarakat dapat mendorong kenaikan permintaan pengiriman bagi jasa logistik. Perusahaan Badui Logistik menerapkan strategi untuk memperbanyak pengiriman jalur darat dan fokus dalam negeri. Strategi lain yang dapat diterapkan adalah on-demand warehousing, menyewakan gudang bagi pengiriman paket bahan makanan dan APD untuk menjawab tantangan disrupsi distribusi logistik akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan keterbatasan akses di beberapa wilayah.

 

Peluang bisnis yang meningkat tentu diimbangi dengan strategi untuk melindungi keamanan karyawan dan paket yang diantarkan. Alat pelindung diri seperti sarung tangan dan masker serta hand sanitizer adalah perlengkapan wajib bagi masing-masing kurir. Paket dijaga kebersihannya dengan disemprot disinfektan dan menetapkan protokol tertentu logistik dalam handling paket. 

 

perusahaan logistik seperti Badui Logistik yang juga telah menetapkan prosedur ketat untuk melindungi keamanan karyawan dan paket. Pelanggan Badui Logistik dapat memesan penjemputan paket melalui aplikasi sehingga pelanggan tidak perlu khawatir beranjak dari rumah. Pembayaran dilakukan secara non-tunai untuk meminimalkan kontak langsung.

 

 

 

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Artikel